Pages

Budaya Organisasi

Organisasi (dalam bahasa Yunani: ὄργανον, organon atau alat) adalah suatu kelompok/ sekelompok orang dalam suatu wadah untuk suatu tujuan bersama.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana sekumpulan orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi yang mereka jalani.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat contohnya (Organisasi Karang Taruna).

Suatu Oraganisasi/ atau budaya organisasi biasanya sering dilakukan atau tidak sengaja kita terlibat di dalamnya sebagai contoh : seseorang bekerja di suatu perusahaan, maka ia dituntut untuk dapat ber-Organisasi dengan baik dengan rekan kerjannya dalam perusahaan itu. Contoh lainnya seorang mahasiswa/siswa ia juga dituntut untuk dapat berorganisasi baik di dalam lingkungan belajar atau di luar lingkungan belajar mereka contoh : mahasiswa pada organisasi BEM/Himpunan Mahasiswa Fakultas, di kelas, dll. Siswa pada Organisasi Intra Sekolah (OSIS)mereka masing-masing dituntut untuk dapat menunjukkan kemampuan ber-organisasi dengan baik sesama teman yang berbeda kelas ataupun berbeda jurusan

Karakteristik budaya organisasi
Karakteristik dalam Budaya Organisasi meliputi :
+ Inovasi dan keberanian mengambil risiko/resiko. (biasanya dalam dunia kerja)
+ Perhatian pada hal-hal rinci.
+ Orientasi hasil.
+ Orientasi orang.
+ Orientasi tim.
+ Keagresifan.
+ Stabilitas.

*reference : http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar: